Unknown
SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASSA
RESUME MATERI TANGGAL 08 APRIL 2014
Oleh: Atang Fauzi (1112051000005)

A.       PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA
Komunikasi Massa merupakan bentuk penyampaian pesan dari komunikator kepada khalayak banyak yang heterogen secara serempak melalui media massa, biasanya umpan balik terjadi secara tertunda, Komunikasi Massa merupakan bentuk menyiarkan informasi, gagasan, dan sikap kepada komunikan yang beragam dan jumlahnya yang banyak dengan menggunakan media.
B.   KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA
a)      Komunikasi bersifat umum
b)      Komunikasi bersifat heterogen
c)      Media Massa menimbulkan kesempakan
d)      Hubungan komunikator-komunikan bersifat non pribadi
e)      Melembaga
f)       Terdapat standarisasi proses produksi, distribusi dan konsumsi isi media
C.     BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI MASSA
a)      Bentuk Perintah (the command mode)
            Bersumber dari adanya perbedaan kekuasaan dan otoritas antara pengirim dan penerima. Tujuannya ialah untuk melakukan kontrol dan perintah. Pola hubungannya bersifat satu arah, tidak setara dan tidak berdasarkan sukarela
b)      Bentuk Pelayanan (the service mode)
            Ini merupakan bentuk paling umum dan paling sering berlaku dalam hubungan antara pengirim dan penerima. Kedua belah pihak diikat oleh kepentingan bersama dalam situasi pasar atau semacamnya (penawaran dan permintaan jasa simbolik). Misalnya saja, media memberikan infromasi atau hiburan sebagai imbalan yang berwujud pembayaran dan perhatian.
c)      Bentuk Asosiasi (the associational mode)
            Bentuk ini memiliki ikatan normatif atau nilai-nilai yang disepakati bersama, yang mendekatkan kelompok atau publik tertentu terhadap suatu sumber media tertentu.  Kedekatan dan perhatian penerima bersifat sukarela dan memuaskan hatinya

D.     FUNGSI MEDIA MASSA
a.       Kontrol sosial (social control)
b.      Pendidikan (education)
c.       Agen Perubahan (agent of social change)
d.      Hiburan (entertainment).
E.   KEBUTUHAN AKAN MEDIA
a.       Untuk mengetahui apa yang penting dan perlu
b.      Untuk membantu mengambil keputusan  (sebagai rujukan)
c.       Untuk memperoleh informasi sebagai bahan pembahasan
d.      Memberikan perasaan ikut serta dalam kejadian tertentu
e.       Memberikan penguatan atas suatu pendapat
f.       Mencarikan konfirmasi atas keputusan yang diambil
g.       Memperoleh relaksasi dan hiburan

F.        MODEL PROSES KOMUNIKASI MASSA

1.      Model Transmisi
Pandangan ini dikaitkan dengan istilah pengiriman atau pemberian informasi kepada pihak lain. Inti gagasan ialah transmisi isyarat (signal) atau pesan dalam waktu tertentu dengan tujuan tercapainya kontrol
2.      Model Ekspresi (Ritual)
Dikaitkan dengan beberapa istilah, misalnya kebersamaan, partisipasi, asosiasi, persahabatan atau titik pandang yang sama. Model ini intinya tidak menekankan pada penyebaran informasi dari sudut pandang ruang, melainkan pada masalah pembinaan masyarakat dalam kurun waktu tertentu; tidak menekankan pada upaya penyampaian informasi tetapi pada pencerminan kesamaan pandangan.
3.      Model Perhatian
Model ini paling sesuai dengan tujuan utama media,  sebagaimana yang ditentukan oleh media sendiri (menarik hati khalayak) dan paling cocok dengan pandangan khalayak umum menyangkut pentingnya pemekaian media (membebaskan diri, melibatkan diri, menghibur dll.)     



G.     MODEL KOMAS
a.       Model Jarum Hypodermik (Hypodermic Needle Model) :  media massa memiliki dampak yang kuat, terarah, segera dan langsung, media ampuh memasukan ide pada benak khalayak.
b.      One step flow model : saluran media massa berkomunikasi langsung dengan massa tanpa berlalunya suatu pesan pada orang lain. Akan tetapi pesan itu tidak mencapai semua komunikan dan tidak menimbulkan efek yang sama pada komunikan. Media tidak mempunyai kekuatan yang hebat. Penmapilan, penerimaan dan penahanan dalam ingatan selektif mempengaruhi suatu pesan.
c.       Two step flow model : menaruh perhatian kepada peranan media massa dan komunikasi antarpribadi. Melihat massa sebagai perorangan yang berinteraksi. Menekankan proses dari opinion leader ke penduduk yang kurang giat.
d.      Multi Step Flow Models: Didasarkan pada fungsi penyebaran yang berurutan terjadi pada kenyataan situasi komunikasi. Tujuannya, menggunakan banyak saluran untuk memperteguh.

H.     KARAKTERISTIK ISI MEDIA
a.       Cepat : yakni aktual atau memperhatikan ketepatan waktu.
b.      Nyata : berupa informasi mengenai sebuah fakta (fact)
c.       Penting :  menyangkut kepentingan orang banyak
d.      Menarik : artinya mengundang orang untuk membaca apa yang ditulis

I.        MEDIA VALUE
a.       CONSEQUENCIES : Suatu fakta yang dapat membawa akibat bagi khalayak
b.      HUMAN INTEREST : Menarik dari sudut kepentingan kemanusiaan
c.       PROMINENCE : Melibatkan tokoh terkemuka yang menjadi figur/elite opinion
d.      PROXIMITY : Fakta atau infromasi memiliki kedekatan dengan tempat tinggal pembaca
e.       TIMELINES : Memili unsur kebaruan yang menyebabkan informasi tersebut aktual

J.       KARAKTERISTIK INDUSTRI MEDIA
a.       Customer requirments : merujuk pada harapan konsumen tentang produk media yang mencakup aspek kualitas, diversitas dan ketersediaan
b.      Competitive environment : yakni lingkungan pesaing yang dihadapi perusahaan

c.       Social expectations : berhubungan dengan tingkat harapan masyarakat terhadap keberadaan industri media. Semakin tersedia program yang bagus, maka akan semakin beragam format acaranya dan semakin bagus kualitasnya
0 Responses

Posting Komentar

About

Random Post