SOSIOLOGI
KOMUNIKASI MASSA
RESUME
MATERI TANGGAL 08 APRIL 2014
Oleh:
Atang Fauzi (1112051000005)
A.
PENGERTIAN
KOMUNIKASI MASSA
Komunikasi Massa merupakan
bentuk penyampaian pesan dari komunikator kepada khalayak banyak yang heterogen
secara serempak melalui media massa, biasanya umpan balik terjadi secara
tertunda, Komunikasi Massa merupakan bentuk menyiarkan informasi, gagasan, dan
sikap kepada komunikan yang beragam dan jumlahnya yang banyak dengan
menggunakan media.
B.
KARAKTERISTIK
KOMUNIKASI MASSA
a)
Komunikasi
bersifat umum
b)
Komunikasi
bersifat heterogen
c)
Media
Massa menimbulkan kesempakan
d)
Hubungan
komunikator-komunikan bersifat non pribadi
e)
Melembaga
f)
Terdapat
standarisasi proses produksi, distribusi dan konsumsi isi media
C.
BENTUK-BENTUK
KOMUNIKASI MASSA
a)
Bentuk
Perintah (the command mode)
Bersumber
dari adanya perbedaan kekuasaan dan otoritas antara pengirim dan penerima.
Tujuannya ialah untuk melakukan kontrol dan perintah. Pola hubungannya bersifat
satu arah, tidak setara dan tidak berdasarkan sukarela
b)
Bentuk
Pelayanan (the service mode)
Ini
merupakan bentuk paling umum dan paling sering berlaku dalam hubungan antara
pengirim dan penerima. Kedua belah pihak diikat oleh kepentingan bersama dalam
situasi pasar atau semacamnya (penawaran dan permintaan jasa simbolik).
Misalnya saja, media memberikan infromasi atau hiburan sebagai imbalan yang
berwujud pembayaran dan perhatian.
c)
Bentuk
Asosiasi (the associational mode)
Bentuk
ini memiliki ikatan normatif atau nilai-nilai yang disepakati bersama, yang
mendekatkan kelompok atau publik tertentu terhadap suatu sumber media
tertentu. Kedekatan dan perhatian
penerima bersifat sukarela dan memuaskan hatinya
D.
FUNGSI
MEDIA MASSA
a.
Kontrol
sosial (social control)
b.
Pendidikan
(education)
c.
Agen
Perubahan (agent of social change)
d.
Hiburan
(entertainment).
E.
KEBUTUHAN
AKAN MEDIA
a.
Untuk
mengetahui apa yang penting dan perlu
b.
Untuk
membantu mengambil keputusan (sebagai
rujukan)
c.
Untuk
memperoleh informasi sebagai bahan pembahasan
d.
Memberikan
perasaan ikut serta dalam kejadian tertentu
e.
Memberikan
penguatan atas suatu pendapat
f.
Mencarikan
konfirmasi atas keputusan yang diambil
g.
Memperoleh
relaksasi dan hiburan
F.
MODEL
PROSES KOMUNIKASI MASSA
1.
Model
Transmisi
Pandangan ini
dikaitkan dengan istilah pengiriman atau pemberian informasi kepada pihak lain.
Inti gagasan ialah transmisi isyarat (signal) atau pesan dalam waktu tertentu
dengan tujuan tercapainya kontrol
2.
Model
Ekspresi (Ritual)
Dikaitkan dengan
beberapa istilah, misalnya kebersamaan, partisipasi, asosiasi, persahabatan
atau titik pandang yang sama. Model ini intinya tidak menekankan pada
penyebaran informasi dari sudut pandang ruang, melainkan pada masalah pembinaan
masyarakat dalam kurun waktu tertentu; tidak menekankan pada upaya penyampaian
informasi tetapi pada pencerminan kesamaan pandangan.
3.
Model
Perhatian
Model ini paling
sesuai dengan tujuan utama media,
sebagaimana yang ditentukan oleh media sendiri (menarik hati khalayak)
dan paling cocok dengan pandangan khalayak umum menyangkut pentingnya pemekaian
media (membebaskan diri, melibatkan diri, menghibur dll.)
G.
MODEL
KOMAS
a.
Model
Jarum Hypodermik (Hypodermic Needle Model) :
media massa memiliki dampak yang kuat, terarah, segera dan langsung,
media ampuh memasukan ide pada benak khalayak.
b.
One
step flow model : saluran media massa berkomunikasi langsung dengan massa tanpa
berlalunya suatu pesan pada orang lain. Akan tetapi pesan itu tidak mencapai
semua komunikan dan tidak menimbulkan efek yang sama pada komunikan. Media
tidak mempunyai kekuatan yang hebat. Penmapilan, penerimaan dan penahanan dalam
ingatan selektif mempengaruhi suatu pesan.
c.
Two
step flow model : menaruh perhatian kepada peranan media massa dan komunikasi
antarpribadi. Melihat massa sebagai perorangan yang berinteraksi. Menekankan
proses dari opinion leader ke penduduk yang kurang giat.
d.
Multi
Step Flow Models: Didasarkan pada fungsi penyebaran yang berurutan terjadi pada
kenyataan situasi komunikasi. Tujuannya, menggunakan banyak saluran untuk
memperteguh.
H.
KARAKTERISTIK
ISI MEDIA
a.
Cepat
: yakni aktual atau memperhatikan ketepatan waktu.
b.
Nyata
: berupa informasi mengenai sebuah fakta (fact)
c.
Penting
: menyangkut kepentingan orang banyak
d.
Menarik
: artinya mengundang orang untuk membaca apa yang ditulis
I.
MEDIA
VALUE
a.
CONSEQUENCIES
: Suatu fakta yang dapat membawa akibat bagi khalayak
b.
HUMAN
INTEREST : Menarik dari sudut kepentingan kemanusiaan
c.
PROMINENCE
: Melibatkan tokoh terkemuka yang menjadi figur/elite opinion
d.
PROXIMITY
: Fakta atau infromasi memiliki kedekatan dengan tempat tinggal pembaca
e.
TIMELINES
: Memili unsur kebaruan yang menyebabkan informasi tersebut aktual
J.
KARAKTERISTIK
INDUSTRI MEDIA
a.
Customer
requirments : merujuk pada harapan konsumen tentang produk media yang mencakup
aspek kualitas, diversitas dan ketersediaan
b.
Competitive
environment : yakni lingkungan pesaing yang dihadapi perusahaan
c.
Social
expectations : berhubungan dengan tingkat harapan masyarakat terhadap
keberadaan industri media. Semakin tersedia program yang bagus, maka akan
semakin beragam format acaranya dan semakin bagus kualitasnya
Posting Komentar