Oleh:
Atang Fauzi
{PrimeComm Public Relation Consultant}
Seorang public relations (PR)
atau yang sering dikenal dengan Humas mengemban tugas utama untuk meningkatkan
reputasi perusahaan. Untuk itu, PR harus mampu menyajikan citra sebuah
perusahaan kepada publik atau masyarakat dalam gambaran yang terbaik. Bagi Anda
yang berkecimpung di dunia komunikasi dan ingin sukses sebagai PR yang
profesional, berikut ini tips untuk PR professional.
1. Percaya diri
Percaya diri adalah kunci utama
menjadi PR yang profesional. Bagaimana bisa membawa citra baik perusahaan ke
publik kalau Anda sendiri merasa ragu dengan kemampuan diri dan perusahaan yang
dinaungi? Kepercayaan diri akan membuat Anda jadi orang yang siap menghadapi
segala kemungkinan, dari yang terbaik maupun terburuk.
“Percaya diri merupakan kunci
utama dalam melakukan sebuah pekerjaan,
karena dengan percaya diri kita meyakini sebuah potensi yang telah diberikan
oleh Tuhan”.
2.
Banyak
belajar
PR & Social Media Manager The
Body Shop Ratu Ommaya (Maya) menekankan, "Dunia komunikasi itu dinamis
harus terus belajar, juga harus membuka diri dengan hal-hal baru. Harus sering
baca, harus sering belajar dalam arti apapun, selalu mengasah kemampuan."
“Dalam Islam telah menyerukan carilah ilmu dari mulai buaian sampai
liang lahat. Dalam petuah ini jelas bahwa mencari ilmu tidak hanya berlaku
ketika anak-anak atau yang masih duduk dibangku sekolah, tapi berlaku untuk semua
orang jika ia masih bisa melihat dunia”.
3.
Pintar
mengatur mood
Beracting tidak hanya harus
dikuasai oleh seorang artis, melainkan seorang Praktisi Public Relation juga
harus mampu berakting, walaupun suasana hati sedang banyak mengalami masalah,
tetapi raut wajah harus tetap fresh dan ceria. “kita bertugas untuk
menyelesaikan permasalahan sang klien, tidak bakal mampu mengatasinya apabila
dalam diri kita terlihat banyak mengemban berbagai masalah” saran Fariza Arfianto, Managing Director PT.
Prima Komunika Media, perusahaan yang bergerak di bidang communications consultant.
“Sebaik-baiknya orang bukan yang memberikan beban masalah kepada orang
lain, tetapi orang yang mampu membantu
mengatasi masalah yang sedang dialami oleh orang lain”.
4.
Memiliki
kepribadian yang baik
Semua orang pasti menyukai manusia
yang memiliki kepribadian yang baik, sebuah kepribadian yang baik tidak mungkin
terbentuk secara tiba-tiba, melainkan membutuhkan sebuah proses yang cukup dari
mulai pendidikan, pembinaan dan juga factor lingkungan. Seorang praktisi Public
Helation harus mampu menarik perhatian orang dan menunjukan citra baik dalam
diri.
“Kepribadian yang baik akan menentukan sebuah sikap yang baik”
5.
Cepat
beradaptasi
Seorang PR pasti akan bertemu
dengan banyak orang, dengan karakter dan sikap yang sangat beragam. Di sinilah
kemampuan Anda untuk cepat beradaptasi diperlukan agar bisa 'nyambung' saat
berkomunikasi dengan berbagai orang.
“Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung”
6.
Berpikiran
terbuka
Berfikiran terbuka ini ada
kaitannya dengan point no dua, dengan banyak belajar maka kita akan mempunyai
banyak wawasan, wawasan yang kita punya tidak boleh dipendem dalam diri, tetapi
harus sharing dengan orang lain.
“Keterbukaan akan membuat orang aware terhadap diri kita”
7.
Jaga
hubungan baik dengan rekan kerja
Jangan hanya berhubungan terbatas
karena urusan pekerjaan. Untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja
(partner bisnis, klien, media), tunjukkan sedikit perhatian. Misalnya
mengucapkan selamat di hari ulang tahunnya, mengirimkan kartu ucapan di hari
raya atau sekadar mengajak makan siang sambil berbincang santai.
“Bisnis Jasa yang baik ia yang mampu menjaga hubungan dengan para
koleganya”
Sumber Bacaan: CaraPedia.com
Amazing ������