Unknown




Oleh:
Atang Fauzi
{PrimeComm Public Relation Consultant}

Seorang public relations (PR) atau yang sering dikenal dengan Humas mengemban tugas utama untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Untuk itu, PR harus mampu menyajikan citra sebuah perusahaan kepada publik atau masyarakat dalam gambaran yang terbaik. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia komunikasi dan ingin sukses sebagai PR yang profesional, berikut ini tips untuk PR professional.
1.      Percaya diri
Percaya diri adalah kunci utama menjadi PR yang profesional. Bagaimana bisa membawa citra baik perusahaan ke publik kalau Anda sendiri merasa ragu dengan kemampuan diri dan perusahaan yang dinaungi? Kepercayaan diri akan membuat Anda jadi orang yang siap menghadapi segala kemungkinan, dari yang terbaik maupun terburuk.
“Percaya diri merupakan  kunci utama  dalam melakukan sebuah pekerjaan, karena dengan percaya diri kita meyakini sebuah potensi yang telah diberikan oleh Tuhan”.
2.       Banyak belajar
PR & Social Media Manager The Body Shop Ratu Ommaya (Maya) menekankan, "Dunia komunikasi itu dinamis harus terus belajar, juga harus membuka diri dengan hal-hal baru. Harus sering baca, harus sering belajar dalam arti apapun, selalu mengasah kemampuan."
“Dalam Islam telah menyerukan carilah ilmu dari mulai buaian sampai liang lahat. Dalam petuah ini jelas bahwa mencari ilmu tidak hanya berlaku ketika anak-anak atau yang masih duduk  dibangku sekolah, tapi berlaku untuk semua orang jika ia masih bisa melihat dunia”.
3.       Pintar mengatur mood
Beracting tidak hanya harus dikuasai oleh seorang artis, melainkan seorang Praktisi Public Relation juga harus mampu berakting, walaupun suasana hati sedang banyak mengalami masalah, tetapi raut wajah harus tetap fresh dan ceria. “kita bertugas untuk menyelesaikan permasalahan sang klien, tidak bakal mampu mengatasinya apabila dalam diri kita terlihat banyak mengemban berbagai masalah”  saran Fariza Arfianto, Managing Director PT. Prima Komunika Media, perusahaan yang bergerak di bidang communications consultant.
“Sebaik-baiknya orang bukan yang memberikan beban masalah kepada orang lain,  tetapi orang yang mampu membantu mengatasi masalah yang sedang dialami oleh orang lain”.
4.       Memiliki kepribadian yang baik
Semua orang pasti menyukai manusia yang memiliki kepribadian yang baik, sebuah kepribadian yang baik tidak mungkin terbentuk secara tiba-tiba, melainkan membutuhkan sebuah proses yang cukup dari mulai pendidikan, pembinaan dan juga factor lingkungan. Seorang praktisi Public Helation harus mampu menarik perhatian orang dan menunjukan citra baik dalam diri.   
“Kepribadian yang baik akan menentukan sebuah sikap yang baik”
5.       Cepat beradaptasi
Seorang PR pasti akan bertemu dengan banyak orang, dengan karakter dan sikap yang sangat beragam. Di sinilah kemampuan Anda untuk cepat beradaptasi diperlukan agar bisa 'nyambung' saat berkomunikasi dengan berbagai orang.
“Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung”
6.       Berpikiran terbuka
Berfikiran terbuka ini ada kaitannya dengan point no dua, dengan banyak belajar maka kita akan mempunyai banyak wawasan, wawasan yang kita punya tidak boleh dipendem dalam diri, tetapi harus sharing dengan orang lain.
“Keterbukaan akan membuat orang aware terhadap diri kita”
7.       Jaga hubungan baik dengan rekan kerja
Jangan hanya berhubungan terbatas karena urusan pekerjaan. Untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja (partner bisnis, klien, media), tunjukkan sedikit perhatian. Misalnya mengucapkan selamat di hari ulang tahunnya, mengirimkan kartu ucapan di hari raya atau sekadar mengajak makan siang sambil berbincang santai.
“Bisnis Jasa yang baik ia yang mampu menjaga hubungan dengan para koleganya”

Sumber Bacaan: CaraPedia.com
1 Response
  1. Unknown Says:

    Amazing ������


Posting Komentar

About

Random Post